Hasil Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam di Piala AFF Skor Akhir 4-2


Pertandingan Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (2/8/2018) berakhir dengan skor 3-2. Kemenangan ini sekaligus mempertegas dominasi Garuda Asia di Grup A. Skuat asuhan Fakhri Husaini menjauh dari kejaran sang rival berkat kemenangan ketiga beruntun. Sementara itu, Vietnam harus memupus asa merebut posisi puncak Grup A dari tangan Indonesia.

Amiruddin Bagus Kahfi tampil apik dan menyumbang brace dalam laga ini, sementara dua gol lain Indonesia dicetak Muhammad Supriadi dan Andre Oktaviansyah. Adapun dwigol Vietnam yang tak berarti banyak diborong Dinh Thanh Trung.

Sama Kuat di Babak Pertama


Timnas U-16 Indonesia menerapkan rotasi pada laga ini. Sutan Zico yang tak jadi starter di laga sebelumnya tampil sejak menit pertama. Sang striker ditopang oleh dua pemain lain yang bertugas memberikan suplai bola secara langsung, Amanar Abdilah dan Yadi Mulyadi. Garuda Asia pun langsung mengancam saat laga belum genap tiga menit berlangsung. Lewat sebuah eksekusi tendangan bebas, Muhammad Yudha Febrian membidikkan bola ke sisi atas gawang. Beruntung bagi tim tamu lantaran Ernando Sutaryadi dapat menepis bola dengan baik.

Bertekad memimpin, tuan rumah justru lengah dan kebobolan pada menit keenam. Bola hasil sapuan tak sempurna Komang Teguh Trisnanda justru jatuh ke kaki Dinh Thanh Trung yang berdiri bebas di kotak penalti. Tanpa ampun, Dinh lantas membidikkan bola ke sudut kanan bawah untuk menggetarkan gawang kiper Ernando Sutaryadi. Skor 0-1.


Tuan rumah merespons gol tersebut dengan tekanan habis-habisan. Puncaknya terjadi pada menit ke-17 kala Indonesia mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti. Bola hasil eksekusi Sutan Zico melewati pagar hidup dan mengarah ke sudut kanan bawah gawang, namun dapat ditepis kiper Nguyen Duy Dung.

Nguyen kembali melakukan penyelamatan vital empat menit berselang. Kali ini ia menangkap dengan baik bola hasil tendangan pemain Indonesia yang meluncur akurat ke sudut kiri bawah gawang. Kegagalan Indonesia membongkar rapatnya pertahanan lawan di dalam kotak penalti membuat pelatih Fakhri Husaini memberanikan diri melakukan pergantian pemain pada menit ke-27. Ia menarik keluar Amanar Abdilah untuk digantikan Muhammad Supriadi.

Masuknya Supriadi terbukti langsung memberikan dampak vital. Sang pemain bernomor punggung 11 langsung mencatatkan namanya pada papan skor di menit ke-29. Dari sayap kiri, ia menusuk ke kotak penalti, melewati sejumlah pemain lawan dan mengarahkan bola dengan tendangan ke sudut kiri bawah gawang. Gol pun tercipta dan skor menjadi 1-1.

Vietnam seolah tak tinggal diam. Satu menit jelang babak pertama usai, Pham Van Dat mengancam lewat eksekusi tendangan bebas. Bola hasil sepakannya melewati pagar hidup dan mengarah ke sudut kiri atas gawang, namun dapat diredam Ernando Sutaryadi. Peluang ini sekaligus menutuo jalannya babak pertama. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua: Dominasi Indonesia Dimulai


Pelatih Indonesia, Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain lagi sebelum bergulirnya paruh kedua. Top skor sementara Piala AFF U-16 2018, Amiruddin Bagus Kahfi dimasukkan ke lapangan untuk menggantikan striker Sutan Ziko. Masuk pula Fajar Fathur Rachman untuk mengisi pos yang sebelumnya diisi Yadi Mulyadi.

Empat menit babak kedua berlangsung, Indonesia mendapat momentum. Aksi individu David Maulana di kotak terlarang memaksa Ngo Than Tai mejatuhkan sang kapten. Wasit pun menganggap insiden ini sebagai pelanggaran dan hadiah penalti didapat tuan rumah.

Pada menit ke-45, Amiruddin Bagus Kahfi yang tampil sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Bagus menendang bola ke sudut kanan bawah sekaligus mengecoh Nguyen yang bergerak ke arah sebaliknya. Skor menjadi 2-1.

Vietnam merespons dengan pergantian pemain. Doan Chi Bao dimasukkan pelatih Vu Hong Viet untuk menggantikan Ngo Than Tai yang ditarik keluar. 

Doan langsung berupaya membayar kepercayaan sang pelatih. Pada menit ke-57 ia melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Beruntung bagi tuan rumah karena bola melambung di atas sasaran.

Gawang Vietnam justru kebobolan lagi pada menit ke-60. Amiruddin Bagus Kahfi menambah derita tim tamu yang sedang berupaya mengejar ketertinggalan. Memaksimalkan umpan cutback kiriman Amiruddin Bagas Kaffa dari sayap kanan, Bagus mendorong bola dengan sepakan tenang dari dalam kotak penalti. Bola mengalir ke sudut kanan bawah dan tak kuasa dibendung Nguyen. Skor menjadi 3-1.

Dalam situasi tersebut, enam menit berselang Indonesia dan Vietnam sama-sama kehilangan satu pemain. Di pihak Vietnam, striker Vo Nguyen Hoang diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Fajar Fathur Rochman. Sedangkan pemain Indonesia yang menyumbang assist untuk gol ketiga, Amiruddin Bagas Kaffa mendapat kartu kuning kedua dari wasit. Bagas dinilai bersikap emosional atas insiden yang melibatkan Vo dan Fajar.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain, Indonesia mednapat kerugian pada menit ke-71. Wasit menilai Komang Teguh Trisnanda melakukan pelanggaran terhadap Ha Trung Hao di kotak terlarang. Tendangan penalti pun diberikan untuk tim tamu.

Tampil sebagai eksekutor, Dinh Thanh Trung menuntaskan tugas dengan baik. Bola hasil sepakannya mengarah ke sudut kanan bawah gawang sekaligus mengecoh Ernando. Skor berubah menjadi 3-2.

Empat menit jelang babak pertama usai, Fakhri melakukan rotasi pemain untuk menjaga kebugaran sekaligus menghindari kebobolan ketiga. Muhammad Talaohu masuk menggantikan Fajar Fathur Rachman.

Pergantian di lini tengah tersebut membuat sirkulasi bola di antara dua sisi sayap lebih lancar. Lawan pun mulai kesulitan untuk mengambil alih penguasaan si kulit bundar. Alhasil, Vietnam gagal mencetak gol penyama kedudukan. 

Kemenangan Indonesia lantas digenapi oleh Andre Oktaviansyah pada njury time. Memaksimalkan umpan terobosan Bagus Kahfi, Andre menceploskan bola ke gawang sekaligus memaksa Nguyen memungut si kulit bundar untuk kali keempat. Skor 4-2 menutup jalannya laga.

Susunan Pemain Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam


Timnas U-16 Indonesia: Ernando Sutaryadi; Bagas Kaffa, M Yudha Febrian, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh; David Maulana (C), Brylian Aldama, Yadi Mulyadi, Andre Oktaviansyah, Amanar Abdilah; Sutan Zico.

Timnas U-16 Vietnam: Nguyen Duy Dung; Vo Cuoq Dan, Pham Van Dat, Vu Tien Long (C), Quang Thong; Nge Thanh Tai, Dinh Thanh Thung, Ngo Duc Hoang, Tinh Van Chuong, Vo Minh Dan; Vo Nguyen Huang.

Posting Komentar

0 Komentar